AGEN DOMINO QQ, AGEN DOMINO 99, POKER ONLINE

7 Club Sepakbola Dunia Yang Pernah Melawan Indonesia

7 Club Sepakbola Dunia Yang Pernah Melawan Indonesia

Indonesia ternyata menjadi salah satu negara beruntung di kawasan Asia Tenggara karena terbilang cukup sering dikunjungi oleh klub – klub terkemuka dunia. Kegiatan pertandingan eksebisi melawan tim nasional Indonesia saat kunjungan klub sepakbola ke Indonesia selalu menjadi tontonan yang menarik.

Meski jarang mencetak hasil yang spektakuler; namun selalu ada hal menarik dan dapat dikenang dari pertandingan – pertandingan melawan klub besar dunia tersebut. Terlebih lagi ketika para pemain bintang klub tersebut turut hadir pada laga persahabatan yang dijalani. Tercatat legenda sepakbola seperti Pele, Johan Cruyff dan Ruud Gullit pernah ambil bagian pada laga uji coba klub mereka melawan tim nasional Indonesia. Berikut ini 7 klub sepakbola dunia yang pernah melakukan pertandingan uji coba melawan Indonesia.

  1. Manchester United

Manchester United merupakan salah satu klub paling sukses di Inggris dan juga benua Eropa. Berbeda dengan klub rival mereka Manchester City; Manchester United telah menyambangi Indonesia dalam beberapa kesempatan. Klub asal kota Manchester tersebut pernah mengunjungi Indonesia pada tahun 1975 pada sebuah turnamen segitiga melawan Tim Nasional Tamtama dan Ajax Amsterdam. Turnamen tersebut berlangsung di Stadion Utama Senayan, Jakarta dan berlangsung pada tanggal 1 hingga 5 Juni 1975. Pertandingan melawan Tim Nasional Tamtama pada turnamen tersebut berakhir dengan skor 0 – 0.  Pada tahun 2013; tim Manchester United Legend juga datang ke Indonesia melawan tim Indonesia Red yang juga berisi pemain – pemain legendaris tim nasional Indonesia. Pertandingan di tanggal 23 Oktober 2013 tersebut dimenangkan Indonesia Red dengan skor 7 – 6.

2. Ajax Amsterdam

Klub asal Belanda Ajax Amsterdam merupakan salah satu tim di turnamen segitiga tahun 1975 bersama tim nasional Indonesia Tamtama dan Manchester United. Pertandingan yang berlangsung pada tanggal 5 Juni 1975 tersebut berakhir dengan skor 4 – 1 untuk kemenangan Ajax Amsterdam.  Pada saat itu Ajax Amsterdam juga menjalani laga uji coba melawan beberapa tim dari Indonesia seperti Persija, Persebaya dan tim PSSI wilayah I.

3. Santos

Salah satu pertandingan persahabatan yang bersejarah bagi tim nasional Indonesia terjadi pada tanggal 21 Juni 1972 ketika Stadion Utama Senayan menjadi saksi laga tim nasional Indonesia melawan klub Santos dari Brazil. Legenda sepakbola Pele menjadi salah satu pemain yang memperkuat Santos pada waktu itu. Pada pertandingan yang berakir 3 – 2 untuk kemenangan Santos; Pele mencetak 1 gol spektakuler. Santos kembali menyambangi Indonesia pada tanggal 20 Mei 1985; pada kesempatan tersebut Santos kembali menang dengan skor tipis 1 – 0.

4. PSV Eindhoven

Pada masa kejayaan PSV Eindhoven; klub asal Belanda tersebut juga pernah datang ke Indonesia untuk melakukan laga persahabatan melawan tim PSSI A. Ruud Gullit menjadi salah satu pemain bintang yang memperkuat PSV Eindhoven pada laga tersebut. Pertandingan pada tanggal 14 Juni 1987 tersebut berakhir dengan skor imbang 3 – 3.

5. Feyenoord

Salah satu laga yang mungkin paling dikenang karena kejadian memalukan terjadi saat Feyenoord bermain melawan tim nasional Indonesia pada tanggal 5 Juni 1978. Pertandingan tersebut dihentikan pada menit 55 saat skor 3 – 0 bagi keunggulan Feyenoord akibat terjadi perkelahian antar pemain. Feyenoord yang diperkuat Johan Cruyff kemudian kembali datang ke Indonesia di tahun 1984 untuk menjalani turnamen segitiga melawan Mandala dan Queens Park Rangers.

6. Borussia Dortmund

Salah satu klub asal Jerman yang pernah bertanding melawan tim nasional Indonesia adalah Borussia Dortmund. Pertandingan melawan tim nasional Indonesia pada tahun 2007 terjadi tepat pada ulang tahun ke-98 klub Bundesliga tersebut. Borussia Dortmund yang pada waktu itu ditangani manajer Thomas Doll menang tipis atas Tim Nasional Indonesia dengan skor 1 – 0. Penampilan gemilang penjaga gawang Indonesia Markus Horison menjadi salah satu hal paling dikenang pada pertandingan tersebut.

7.  Chelsea

Klub juara Liga Primer Inggris musim 2016/17 tersebut ternyata sudah pernah datang ke Indonesia dan bertanding melawan tim nasional pada tanggal 25 Juli 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Indonesia memainkan gabungan pemain tim nasional senior dan pemain U23 pada laga tersebut. Chelsea yang pada waktu itu diasuh oleh Jose Mourinho mengalahkan Indonesia dngan skor telak 8 – 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BOLAQQONLINE.NET © 2017 Frontier Theme